It's My World

Jangan pernah bosan dengan postingan dari Acil Yang sangat beragam ya, Enjoy and Happy Sanak..

Friday, December 28, 2012

Macam-macam jenis Jaket

Para sanak pasti gak asing lagi dengan benda yang satu ini. Benda ini sering digunakan kalau lagi cuaca sedang dingin, benda in ijuga melindungi kita dari sengatan matahari yang bisa membakar kulit kita. Betul, apalagi kalau bukan Jaket. Banyaknya penggemar jaket pada saat sekarang banyak para produsen mengeluarkan berbagai macam jenis jaket itu sendiri, tetapi fungsinya tetap sama yaitu melindungi kita pada saat dingin maupun dari sengatan matahari. Sekarang jaket bukan berfungsi sebagai pelindung tubuh indah kalian, tetapi sebagai fashion gaya kalian sanak.. Yuks kita lihat apa saja sih macam-macam jenis jaket tersebut.
Kardigan
♥ Kardigan, Baju hangat ini hasil rajutan dari benang wol dan dahulu sering digunakan di Inggris pada tahun antara 1797-1868. Nama kardigan itu sendiri (cardigan) diambil dari nama penciptanya yaitu panglima perang dan bangsawan inggris yaitu Earl Of Cardigan VII. Seragam pasukannya berupa baju rajutan berlengan panjang dari wol. Jenis pakaian itu lalu menjadi populer dan digunakan sebagai baju hangat dengan bukaan kancing dibagian depan. Pada 1950, benang wol diganti dengan serat sintetis seperti akrilik. Benang rajut juga muncul pada tahun 1970 sehingga membuat kardigan lebih berwarna, dan tahun 1980 ditemukan teknik rajut yang dapat menghasilkan gambar atau pola tertentu.
Sekarang Kardigan telah berkembang pesat tidak hanya sebagai baju hangat, melainkan juga sebagai tren Fashion anak muda. Sanak bisa menemukan beraneka ragam model kardigan di beberapa negara yang dibuat dengan menyesuaikan iklimnya. Di negara tropis kardigan biasanya dibuat dari bahan yang tidak terlampau tebal, sedangkan di daerah dingin bahan rajutan tebal merupakan pilihan utama.


Sweater
SweaterPada awalnya dikenal sebagai pakaian tenis dan golf di negara-negara musim dingin. Sweater lebih cepat menyerap keringat karena jenis rajutan dari benang katun. Di tahun 1930-1950 sweater mulai berkembang, tidak hanya sebagai pakaian hangat saja, tetapi juga sebagai pakaian pelengkap nan cantik. 



Pullovers





PulloversBaju hangat lengan panjang tanpa kerah tetapi biasanya ditambah aksen bulu-bulu pada lingkar kerahnya.Pullover ini awalnya dipakai sebagai seragam untuk para tentara pada saat Perang Dunia I. Kemudian, pada tahun 1920, pola pakaian ini mulai berubah pada lingkar lehernya, mulai dari round neck, dan V-neck.




jaket 

♥ Jaket dan Mantel, jaket merupakan baju lengan panjang dengan ristleting atau kancing dibagian muka sebagai pembuka. Jenis jaket bermacam-macam. Ada yang memakai tutup kepala dan ada yang tidak. Biasanya panjang jaket hingga mencapai pinggang. Dalam kebudayaan Inggris, jaket disebut juga dengan mantel dan berkembang mulai abad ke-19. Model jaket ini sangat banyak, dengan nama bergantung pada kebudayaan setiap tempat.

Blazer



♥ Blazer atau jas termasuk jenis jaket . Dikenal pertama kali saat para anggita Lady Margaret sebuah club dayung dari St John's College, Cambridge mengenakannya. Ketika itu jas masih masih disebut mantel. Pada 1837, angkatan laut kerajaan inggris juga membuat seragam berupa jas pendek dan berkancing.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment