It's My World

Jangan pernah bosan dengan postingan dari Acil Yang sangat beragam ya, Enjoy and Happy Sanak..

Thursday, November 8, 2012

SSsst ada etika naik kendaraan umum

Walaupun sekarang banyak produsen kendaraan baik yang beroda 4 maupun beroda 2, teteup aja transportasi umum masih menjadi favorit. Selain menghemat uang untuk tidak membeli bensin, angkutan umum juga banyak memiliki jasa loo sanak. Biasanya lebih ramai, banyak kenangan bersama orang-orang terdekat seperti teman maupun pacar. Ketika kita naik angkutan umum secara ramai, terkadang membuat kita lupa daratan (bener kan sanak). Naah, kita sebagai orang timur, terkenal lebih punya sopan santun (ini si feeling Acil ^_^) etika didalam angkutan umum itu sangat penting. Kita liat yuks apa aja yang menjadi anjuran dan pantangan di dalam kendaraan/angkutan umum.
Toleransi : Namanya aja udah angkutan umum, jadi siapa aja boleh naik donks. Namun, sebaiknya sanak yang berusia lebih muda punya sikap toleransi kepada orang yang berada dalam satu angkot. Misalnya dengan memberikan tempat duduk kepada ibu hamil, orang yang membawa balita, orang sedang sakit, manula ataupun kepada orang yang lebih membutuhkan tempat duduk. Kasian kan mereka, sanak yang berjiwa muda harus ngalah, ini juga nunjukkan rasa hormat kalian kepada orang yang lebih membutuhkan. Dapat point plus kamu dari tuhan alias pahala.
Berisik : Biasanya kalau kita naik angkot itu tidak sendirian minimal berdua sama teman, atau bisa juga kalian ketemu teman atau orang yang dikenal secara engga sengaja. Kemudian terjadilah percakapan antar sesama teman, wuiih pasti jadinya riuh. Mulai dari obrolan yang penting sampai yang ga penting, dan hal itulah yang membuat suasana semakin hanyut dalam percakapan. Naaah, lalu suara berisik pun terjadi. Seharusnya jika sanak sedang berada di angkot, usahakan untuk menghormati penumpang lain, karena mungkin ada orang yang ngga suka bahkan terganggu dengan suasana gaduh yang kita olah. Jadi, kalau mau ngobrol ingat-ingat yaaa, liat kanan kiri. siapa tau kita juga terganngu dengan suara berisik orang.
Lapar : Karena terburu-buru berangkat sekolah atau terlamabat dalam suaru kegiatan, terkadang sanak nggak sempat buat sarapan sehingga bawa bekal nasi atau roti dan akan menyantapnya dalam angkot. Boleh aja itu sanak, bila bekal yang kalian bawa itu dalam bentuk makanan kering. Tapi jangan dimakan apabila sanak membawa makanan basah seperti sup. kebayangkan kan ribetnya gimana, kondisi angkot yang bergerak g bisa diam, bahkan sering rem mendadak. Bisa-bisa g jadi kenyang sanak, malah tumpah kesana kemari mengotori pakaian kalian.
Dandan : Bangun kesiangan, engga sempat dandan, pergi terburu-buru. Woooow, pasti penampilan sanak jadi pada kusut. Meskipun dalam keadaan terpaksa, sebaiknya menghindari berdandan didalam angkot. Kalau sekedar menyisir rambut it's okelah, walaupun banyak yang menatap dengan tatapan aneh. Usahakan jangan sampai kalian mengoles bibir kalian dengan lipstik dan menyemprotkan parfum. Bisa-bisa penumpang lain pada bersin-bersin nyium parfum sanak yang barub disemprot.
Halo ? : Tiba-tiba ponsel berbunyi, dan itu adalah hal penting maka segeralah diangkat. Karena bunyi ponsel berdering itu bisa sangat mengganggu, usahakan menjawab telponnya pun dengan nada yang tidak nyaring, jawab telpon dengan singkat dan jelas.
GR (Gede Rasa) : Saat melihat barang bawaan orang lain yang bagus banget, sanak menjadi terpesona kaan. Eits , tapi sanak harus hati-hati ketika memandanginya. Nanti kalian dianggap aneh atau bisa juga yang kita pandangai itu lawan jenis dan jadi GR dah. Mending kalau dikira naksir, laah kalo dikira copet bisa berabe kan sanak semua.
Peringatan : Orang yang duduk di sebelah sanak merokok, padahal kamu punya asma atau penyakit pernapasa laiinnya. Jangan segan sanak untuk menegur atau memberi peringatan.  Ungkapkan peringatan secara halus, dengan berdehem ataupun meberi tanda seperti anda tidak tahan dengan asapnya. Kalau tidak mempan juga, maka tegurlah secara sopan dan halus. Apabila tidak mempan juga maka sanak lah yang mengalah, pindah duduk kalau masih ada yang kosong. Kalau engga ada memohon dengan muka sendu kali yaa..
Cuek : "tetangga" sebelah kamu ngajak ngobrol, padahal sanak lagi engga mood untuk ngobrol. Tunjukkan ke dia bahwa sanak sedang tidak berminat ngobrol dengan memberi jawaban yang pendek-pendek dan tidak memancing dengan pertanyaan-pertanyaan yang bisa membuat obrolan semakin lama. Tapi ingat jawaban pendek-pendek itu harus sopan juga yaa, agar tidak menyinggung perasaan orang tersebut. Kalau masih gaga juga, pura-pura ngantuk dan perlahan pejamkan mata sanak. Atau bisa juga menerima telpon atau asik memainkan HP.
Sembarangan : Naaah, ini point terpenting juga sanak.Jangan pernah suka membuang sampah sembarangan di angkot.Walaupun hal ini sepel, kita wajib untuk menjaga kebersihan sekitar kita. Selain membuat nyaman, kebersihan angkot akan berdampak baik bagi kesehatan. Sanak mau naik angkot yang penuh sampah, apalagi angkotnya dalam keadaaan penuh. Jadi tambah sumpek deh..

Itu beberapa tips yang bisa Acil sampaikan, mungkin kalau ada yang mau nambahkan silakan saja. Dengan senang hati Acil menerima itu semua. Jadi bagi kalian yang senang berkendaraan umu, punya etika yang baik dan bisa diamalkan tidak sekali dua kali saja. tetapi setiap kalian ada di angkutan umum. Happy Rider Sanak... ^_^

No comments:

Post a Comment