It's My World

Jangan pernah bosan dengan postingan dari Acil Yang sangat beragam ya, Enjoy and Happy Sanak..

Thursday, November 15, 2012

Merawat Kulit dengan susu



Minuman susu baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kandungan asam laktatnya bisa meremajakan kulit. Berbagai nutrisi dalam susu pun sangat membantu proses pengelupasan sel-sel kulit mati.
Mandi susu adalah ritual kecantikan yang sering kita dengar. Tradisi ini diadopsi dari pharaoh mesir yang melegenda, Cleopatra. Siapa sih yang tidak tau rahasia kecantikan ratu mesir kala itu. Cleopatra terkenal sangat senang merawat kulit kecantikkan dengan susu. Pada saat itu dia berendam dalam air yang bercampur dengan susu unta, ini agar kulitnya menjadi cerah dan lembut.
Nah sanak, apa kalian ingin mandi susu seperti Cleopatra? Caranya sangat mudah lo. Tinggal siapkan satu mangkuk susu, lalu masukan ke dalam bak berisi air suam-suam kuku (hangat, tidak terlalu panas dan dingin). Kemudian tambahkan sedikit garam yang berguna untuk membuat kulit tubuh menjadi lebih rileks. Berendamlah selama lima belas menit sambil menggosok-gosokan busa susu secara perlahan ketubuh sanak dengan gerakan melingkar. Bilas residu susu dengan air dan rasakanlah kulit sanak yang lembab serta lebih kencang.
Apabila tidak ada wadah atau waktu untuk berendam, sanak dapat melumurkan susu ketubuh kalian. Biarkan hingga kerring, lalu dibilas dengan menggunakan air biasa. Walaupun hasilnya tidak sebagus berendam, tapi jika sanak rutin melakukannya maka kulit kalian juga dapat terlihat semakain cerah dan lembut.
Selain digunakan untuk mandi, susu juga dapat dipakai untuk olesan scrub, masker, pengecil pori dan obat luka. Yuks mari kita liat bagaimana cara meraciknya.
Scrub : Rebuslah ½ liter air, kemudian masukkan 4 gelas susu murni tanpa lemak ke dalamnya. Tambahkan sedikit garam. Tunggulah sampai 20 menit. Pada bagian atas air yang masak akan terdapat lapisan tebal yang mengambang, nah lapisan inilah sanak yang akan digunakan untuk menggosok tubuh. Cara lainya juga ada nih sanak. Buatlah bahan scrub dari campuran air, perasan jeruk atau lemon dengan dua sendok makan (sdm) susu bubuk ke dalamnya.
Masker susu : Tuang dua sendok teh (sdt) susu bubuk ke mangkuk. Kemudian tambahkan 2 sdt vitamin E, ½ sdt madu dan ½ sdm air jeruk lemon. Campurkan semua bahan sampai homogeny (merata). Usapkanlah ke wajah sanak dan biarkan sampai 15 menit. setelah selesai basuh dengan air hangat sampai bersih.
Pengecil Pori : Basuhkan susu asam secukupnya dileher dan wajah. Kemudian tunggulah sampai 15 menit, lalu bilas hingga bersih.
Obat Luka : Basuhkan susu asam atau susu manis (berbentuk krim atau butter) di kulit yang terbuka atau iritasi. Dan biarkan lah sampai kering.
Nah itulah sanak, susu bukan hanya untuk diminum tetapi untuk perawatan luar tubuh. Jadi lengkap deh sanak perawatan luar dan dalam tubuh dengan susu. Walaupun kulit kalian tidak putih, tetapi menjaga kulit tetap cerah dan tidak kusam itu baik untuk kesehatan sanak. Cantik itu tidak perlu putih, tetapi cukup dengan menjaga kulit kalian agar tidak kusam. Lakukanlah dengan rutin, agar hasil yang dicapai bisa maksimal. Selamat mencoba sanak.

No comments:

Post a Comment