It's My World

Jangan pernah bosan dengan postingan dari Acil Yang sangat beragam ya, Enjoy and Happy Sanak..

Saturday, November 10, 2012

Open Your Mind, buka pikiran kalian!

Manusia adalah makhluk ciptaan tuhan yang semakin lama semakin menua. Tidak ada satupun di dunia ini manusia yang tercipta abadi. Zaman pun juga ikut berubah, walaupun bumi semakin tua tetap saja perbedaan zaman semakin maju. Sebagai generasi muda yang pada zaman sekarang mempunyai kadar kreatifitas tinggi, terbiasa dengan kata modern. Bagaimana sih kamu bisa berpikir dan bersikap modern? Simak ya apa saja itu sanak :
Modern ¹ kebarat-baratan. Modernitas memang sih identik dengan budaya barat. Tapi, untuk menjadi seorang yang modern sanak tidak perlu harus mengikuti bulat-bulat kebudayaan mereka. Sebagai orang timur, kita mempunyai adat istiadat dan kebudayaan sendiri. Adat istiadat inilah yang sanak jaga meskipun kita hidup di zaman modern seperti sekarang. Dengan menjaga budaya ketikmuran, maka sanak telah melestarikan salah satu kekayaan negeri kita, yaitu kebudayaan lokal.
☻ Berpikiran terbuka. Sanak sebaiknya berpikiran terbuka untuk menyeleksi segala yang berkaitan dengan modernitas, alih-alih menyerap secara bulat-bulat semua yang berlabel "modern". Selain keuntungan dari hal-hal yang berkembang pada zaman modern, seperti kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, modernitas juga membawa hal-hal negatif yang harus kamu hindari, misalnya pergaulan bebas.
☻ Idealisme. Sanak harus memegang teguh prinsip yang kalian yakini. Jangan mudah terpengaruh ataupun ikut-ikutan arus begitu saja dengan orang lain. Jika hanya menjadi pengekor atau copy cat , maka hidupmu akan selalu bergantung dengan orang lain. Dengan prinsip yang teguh, sanak dapat tumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan dewasa dalam menjalani hidup.
☻ Kreatif. Segala pengetahuan yang sanak serap dari berbagai media dan tempat kalian bersekolah memungkinkan dirimu mengembangkan ide-ide kreatif yang bermanfaat. Tidak sedikit hasil karya generasi muda seperti sanak yang meraih prestasi dalam halkreativitas sehingga mampu menghasilkan produk-produk rumah tangga atau alat-alat elektronik dengan bahan lokal yang berkualitas.
☻ Saling menghargai. Meskipun berlabel "modern", sanak tetap perlu merasa bangga dengan semua keragaman budaya Indonesia. Sanak harus menghormati dan menghargai kebudayaan daerah lain, serta menganggap keberagaman sebagai keunikan alih-alih perbedaan.

Maka dari itu sanak sekarang oenerus bangsa Indonesia, Untuk menjadi orang yang modern tidak perlu merubah segala semua kebiasaaan adat istiadat kita sebagai orang timur. Kita mengambil hal yang positif nya saja, mengambil contoh yang memang benar benar harus diubah, seperti kedisiplinan dan tepat waktu.
Selamat mencoba sanak !

No comments:

Post a Comment