It's My World

Jangan pernah bosan dengan postingan dari Acil Yang sangat beragam ya, Enjoy and Happy Sanak..

Wednesday, October 10, 2012

Binatang Langka yang ada di Indonesia

Indonesia kaya akan keragaman flora dan fauna. Bahkan banyak flora dan fauna unik yang hanya terdapat di  Indonesia saja. Keragaman ini lah yang membuat Indonesia menjadi tempat habitat yang nyaman untuk tumbuh kembang satwa2 yang tergolong unik dan langka. Sekarang lahan Indonesia semakin sempit untuk ruang gerak satwa2, seakan mereka ikut hilang dengan banyak terjadinya kebakaran hutan dan bertambahnya jumlah penduduk yang membludak. Apa saja kah satwa langka dan unik yang berada di Indonesia jaya ini braaayy. cekribrrooot nyooo...

Babi rusa
 Binatang in termasuk pemalu dan akan menjadi buas apabila diganggu. Mempunyai taring yang panjang mencuat ke atas, hal ini berfungsi melindungi matanya dari duri rotan. Babirusa betina melahirkan 1 sampai 2 ekor setiap satu kali hamil. Masa kehamilannya berkisar 125-150 hari. Induk akan menyusui selama 1 bulan, setelah itu akan mencari makan sendiri di hutan. Populasi babi rusa semakin terhimpit karena sering diburu penduduk stempat untuk dimangsa ataupun dibunuh. Mereka sering dibunuh karena sering merusak lahan pertanian dan perkebunan masyarakat setempat. Akibatnya populasi semakin kecil, jumlah mereka diperkirakan tinggal 4000 ekor dan hanya terdapat di Indonesia. Hal ini lah yang membuat babi rusa menjadi hewan langka yang hampir punah.
Badak bercula satu
Badak bercula satu atau lebih di kenal dengan badak jawa adalah hewan yang saat ini hampir punah dan hanya bisa kita temui di taman nasional ujung kulon. Sangat disayangkan sekali memang, karena Hewan ini banyak diburu oleh manusia untuk di ambil culahnya. Mereka mengambil culah badak ini untuk digunakan sebagai obat. Badak ini sangat mematikan jika menyerang musuhnya karena memiliki culah yang sangat tajam. Akan tetapi culahnya ini biasa digunakan untuk mencari makanan. Sedangkan makanannya sendiri adalah tumbuh-tumbuhan.
Orang Utan
  Orang Utan adalah hewan jenis kera yang memiliki rambut lebih panjang daripada jenis kera yang lain. Hewan ini Tersebar di hutan kalimantan dan hutan Sumatra. Orang Utan sendiri berasal dari bahasa indosnesia yang artinya adalah manusia yang hidup di hutan. Memang orang utan memiliki banyak kesamaan dengan manusia. dari segi bentuk dan DNA hampir sama. Makanan utamanya adalah buah-buahan. Ancaman orangutan adalah habitat yang semakin sempit karena kawasan hutan dijadikan sebagai lahan kelapa sawit, pertambangan dan pepohonan ditebang.
Harimau Sumatra
 Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg, sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg.
Kangguru Pohon Mantel
Kangguru Pohon Mantel adalah merupakan sejenis kangguru pohon yang hanya ditemukan di hutan pegunungan pulau Irian. Spesies ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat muda. Leher, pipi dan kakinya berwarna kekuningan. Sisi bawah perut berwarna lebih pucat dengan dua garis keemasan dipunggungnya. Ekor panjang dan tidak prehensil dengan lingkaran-lingkaran terang. Kanguru-pohon Mantel-emas merupakan salah satu jenis kanguru-pohon yang paling terancam kepunahan diantara semua kanguru pohon. Spesies ini telah punah di sebagian besar daerah habitat aslinya
Komodo
 Komodo adalah spesies kadal terbesar yang ada di dunia. keberadaannya hanya ada di Indonesia, lebih jelasnya hidup di pulau Komodo, Rinca, Floress, Gill Motang dan Gill Dasami di wilayah Nusa Tenggara. Maka sudah jelaslah bahwa hewan ini adalah hewan yang langka di Dunia. Komodo juga masuk dalam 7 keajaiban dunia.
Burung Merak
 Burung merak adalah burung yang saat ini sangat sulit kita jumpai. Burung ini sangat indah dan pasti membuat orang yang melihat ingin memilikinya. Hewan ini hampir punah, dan hewan ini sangat dilindungi oleh pemerintah. Hewan ini hidup di hutan terbuka yang memiliki padang rumput luas. Keberadaan hewan ini tak hanya ada di indonesia melainkan ada juga di negara lain seperti china, India dan Malaysia. Burung Merak memakan aneka biji-bijian, pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti laba-laba, cacing dan kadal kecil.
Burung Cendrawasih

Tapir
 Tapir Asia (Tapirus indicus) atau di Indonesia biasa disebut Tapir, merupakan Satu dari empat spesies tapir yang ada di dunia. Dibandingkan dengan spesies Tapir lainnya Tapir Asia memiliki ukuran tubuh yang paling besar. Satwa yang oleh IUCN digolongkan berstatus “endangered” dan merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 ini dapat ditemukan di Indonesia (Sumatera), Malaysia, Myanmar dan Thailand.
Trenggiling
Trenggiling terancam keberadaannya akibat habitatnya terganggu serta menjadi obyek perdagangan hewan liar. Dipasaran gelap internasional harga daging trenggiling, mencapai 112 dollar AS per kg (sekitar Rp. 1 juta). Harga jual di restoran bisa mencapai 210 Dollar AS (sekitar Rp 1,9 juta) per kg dan harga sisiknya per keping mencapai 1 dollar AS (sekitar Rp. 9.000). Sedangkan harga jual 1 kg daging teringgiling dari pengumpul lokal (di Indonesia) mencapai Rp.250.000. 

No comments:

Post a Comment